Senin, 10 Oktober 2011

Protokol MOSPF


Ekstensi multicast untuk OSPF (MOSPF) menyediakan perangkat tambahan untuk Versi OSPF Routing versi 2 untuk mendukung IP multicast. Perangkat tambahan telah ditambahkan dalam  backward-compatible yang kompatibel; router menjalankan penambahan multicast akan beroperasi dengan non-multicast router OSPF saat forwarding biasa (unicast) IP lalu lintas data.
 
MOSPF bekerja dengan termasuk informasi multicast dalam iklan link state OSPF. MOSPF membangun pohon distribusi untuk setiap pasangan sumber / kelompok dan menghitung pohon untuk sumber aktif mengirimkan ke grup. Negara pohon cache, dan pohon harus mengalami iterasi ketika perubahan link state terjadi atau ketika cache kali keluar.
 
MOSPF menyediakan kemampuan untuk meneruskan datagram multicast dari satu jaringan IP untuk lain melalui router internet. MOSPF mebagi sebuah datagram multicast berdasarkan kedua sumber datagram dan tujuan. Database link state OSPF memberikan gambaran lengkap dari topologi Autonomous System itu. Dengan menambahkan tipe baru link state advertisemen , kelompok-keanggotaan-LSA, lokasi dari semua anggota kelompok multicast menunjuk dalam database. Jalur datagram multicast kemudian dapat dihitung dengan membangun shortest-path tree rooted pada sumber datagram tersebut. Semua cabang tidak mengandung anggota akan dipangkas oleh multicast dari pohon.  Shortest-path trees dipangkas pada awalnya dibangun ketika datagram pertama diterima. Hasil perhitungan jalur terpendek kemudian disimpan untuk digunakan oleh datagram berikutnya memiliki sumber yang sama dan tujuan.
 
MOSPF digunakan internal ke  single Autonomous System.
Ketika mendukung IP multicast atas seluruh Internet, MOSPF harus digunakan untuk mencapai ke protokol routing multicast antar-AS seperti DVMRP.

Router yang menjalankan MOSPF bekerja hanya dalam internetwork  tetapi dapat bercampur dengan non-OSPF router multicast. Kedua jenis router dapat interoperate ketika forwarding biasa (unicast) IP lalu lintas data. Dalam MOSPF, seperti dalam basis protokol OSPF, datagram (multicast atau unicast) yang diarahkan "sebagaimana adanya" - mereka tidak dikemas atau decapsulated saat mereka transit Autonomous System.

Protokol Struktur - MOSPF: Multicast Extensions untuk OSPF

Format paket MOSPF adalah sama seperti untuk Versi OSPF 2. Salah satu pilihan tambahan telah ditambahkan ke kolom Pilihan yang muncul di OSPF Halo paket, paket database Deskripsi dan menyatakan semua link iklan. Opsi baru ini menunjukkan router / kemampuan multicast jaringan. Kehadiran opsi baru ini diabaikan oleh semua non-multicast router.


·         T-bit - menggambarkan kemampuan KL router.
·         E-bit - SEBAGAI iklan external link tidak membanjiri / melalui daerah sub OSPF. E-bit memastikan bahwa semua anggota area tulisan rintisan setuju bahwa konfigurasi adalah milik.
·         MC-bit - menggambarkan kemampuan multicast dari berbagai potongan dari domain routing OSPF.
·         Untuk mendukung MOSPF, salah satu iklan OSPF negara ini link telah diubah, dan iklan link baru negara telah ditambahkan. Format dari router-LSA telah dimodifikasi untuk menyertakan bendera baru yang menunjukkan apakah router adalah penerima multicast wild card.


Tipe router LSA
·         bit B - B untuk perbatasan. Bila diatur, router merupakan router perbatasan wilayah. Router ini ke depan lalu lintas data unicast antara area OSPF.
·         E bit - E adalah untuk eksternal. Bila diatur, router adalah router batas AS (). Router ini ke depan lalu lintas data unicast antara Sistem Otonom.
·         bit V - V adalah untuk virtual. Bila diatur, router merupakan titik akhir dari sebuah link virtual aktif yang menggunakan wilayah digambarkan sebagai daerah Transit nya.
·         W bit - Bila diatur, router adalah penerima wild card multicast. Router ini menerima semua datagram multicast, terlepas dari tujuan. Antar-daerah dan antar multicast Forwarders Forwarders-AS multicast kadang-kadang liar-kartu penerima multicast.
·         Sebuah negara iklan link baru, yang disebut kelompok-keanggotaan-LSA, telah ditambahkan untuk menentukan anggota grup multicast dalam database link state. Ini iklan baru ini tidak dibanjiri atau diproses oleh non-multicast router.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar