Senin, 10 Oktober 2011

Protokol DVMRP


DVMRP adalah multicast routing protocol yang menyediakan mekanisme yang efisien untuk koneksi data yang dikirimkan ke group dalam suatu jaringan internet. Protokol ini secara periodik mengirimkan dua informasi ke router tetangga :
  • Jarak hop berikutnya , metric hop berikutnya.
  • Tujuan hop berikutnya yang akan ditempuh.
Distance vector secara periodic mengirimkan tabel routing ke router yang terdekat. Ketika router mengalami putus koneksi (down) , router distance vector akan mempelajari perubahan jalur atau tabel tersebut masih ada pada jalur link tersebut sampai pada waktu tertentu. Jika waktu yang diperlukan untuk menunggu respon dari router yang menerima kiriman tabel routing melebihi waktu yang telah ditentukan maka router itu akan dihapus pada tabel routing router tersebut. Router yang terdekat akan mengirimkan informasi perubahan dari jalur melalui broadcast. Waktu yang diperlukan untuk semua router didalam mengubah tabel routing dinamakan konvergen. Konvergen didalam distance vector meliputi :
  1. Setiap router menerima informasi routing yang baru.
  2. Setiap router mengupdate table routing.
  3. Setiap router mengupdate metric tabel routing dengan informasinya sendiri (menambah hop).
  4. Setiap router membroadcast semua informasi ke router yang terdekat.
Proses konvergen didalam distance vector memerlukan waktu yang lama , hal ini dikarenakan setiap router mengupdate table routing mereka sendiri. Hal inilah yang akan mengakibatkan waktu yang lama. Akibat dari ini akan mengakibatkan tidak terdistribusinya table routing ke router terdekatnya.
Protokol distance vector merupakan protokol algoritma routing yang memilih jalur berdasarkan jumlah hop yang paling kecil.Hop merupakan jumlah router yang akan dituju sebelum paket data itu sampai ke alamat tujuan.Protokol distance vector mengirimkan paket informasi table routing mereka ke router yang terdekat.
Struktur Protokol - DVMRP Distance Vector Routing Multicast IGMP ProtocolDVMRP menggunakan untuk pertukaran datagram routing. DVMRP datagram terdiri dari dua bagian:


     Sub-jenis - subtipe adalah salah satu dari:
·          Respon; pesan menyediakan rute ke beberapa tujuan (s).
·          Permintaan; permintaan pesan rute ke beberapa tujuan (s).
·          Non-keanggotaan laporan; pesan non-keanggotaan menyediakan laporan (s).
 Non-keanggotaan pembatalan; pesan sebelumnya membatalkan non-keanggotaan laporan (s).
·         Checksum - melengkapi satu dari jumlah melengkapi seseorang dari pesan DVMRP. Checksum harus dihitung pada transmisi dan harus divalidasi pada penerimaan paket. Checksum dari pesan DVMRP harus dihitung dengan bidang checksum diatur ke nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar